Follow me by Email

Wednesday, August 14, 2013

Menghemat Biaya dan Konsumsi Energi dengan 10 Langkah Mudah

Anda tidak perlu mengambil langkah-langkah drastis untuk beradaptasi dengan krisis energi dan iklim. Dengan mengikuti 10 langkah-langkah sederhana berikut ini, sudah pasti Anda bisa memangkas sekaligus tagihan energi bulanan dan jejak karbon Anda!


Dijamin Anda juga tidak perlu memasang panel surya yang mahal dalam hal ini. Yang diperlukan hanyalah, luangkan sedikit waktu Anda, berjalan di sekeliling rumah, dan pertimbangkan hal-hal berikut:

Atur thermostat di rumah Anda hingga mencapai kira-kira 25°C. Ini hanya membutuhkan sedikit energi, tapi merupakan suhu yang nyaman dan pastinya menghemat banyak uang sepanjang bulan-bulan musing panas yang panjang dan gerah. 

Jika Anda menjalankan AC, pastikan semua pintu dan jendela tertutup. Orang bilang, kalau kita tidak dibuang-buang, pastinya kita akan selalu cukup. 

Pastikan juga kalau ventilasi udara tidak ditutup. Seringkali (karena percaya feng shui),  tanpa sadar orang sering menempatkan mebel  di balik ventilasi AC. Ini pastinya membatasi  aliran udara dingin di seluruh rumah, memaksa Anda menjalankan AC lebih lama.

Kesalahan umum dekorasi lain: pastikan TV, lampu, dan peralatan yang perlu dipanaskan diletakkan jauh dari dari thermostat. Karena alat-alat ini cenderung mengelabui AC dengan terasa lebih panas daripada yang sebenarnya.

Tahukan Anda kalau pemanas air pada umumnya merupakan pengeluaran energi ketiga terbesar?  Menurunkan beberapa derajat suhunya akan membantu Anda menghemat uang secara konsisten dari bulan ke bulan.

Mencuci baju dengan air dingin, bukan air panas akan menghemat ratusan dolar dalam setahun.  Juga, memasukkan handuk kering dalam pengering pakaian setiap kali Anda memasukkan pakaian basah yang baru selesai dicuci akan mengurangi waktu pengeringan karena handuk menyerap kelembapan.  Ini artinya menjalankan pengering pakaian lebih sebentar. Menggunakan lebih sedikit air. Lebih sedikit energi. 

Makanan siap saji yang hanya perlu dipanaskan dengan microwave – tidak selamanya buruk! Oven microwave menggunakan hanya separuh dari energi yang digunakan oleh microwave versi lama. Jadi jangan merasa tidak enak kalau lain kali Anda hanya perlu memasak makan malam selama 5 menit. Rasanya seperti Anda bertanggung jawab.

Vacuum kulkas Anda? Saya akui, kedengarannya tidak masuk akal. Tapi ketika kotoran dan debu menumpuk di kumparan kulkas Anda, kulkas akan bekerja dua kali lebih keras untuk menjaga agar makanan tetap dingin.  

Apabila Anda tidak menyeduh kopi, main video game, atau menonton TV untuk sementara waktu – cabut stop kontak peralatan-peralatan itu!  Yang mengherankan, banyak  alat-alat elektronik tetap memakan energi  sekalipun dalam keadaan mati.

Anda punya loteng?  Ruang bawah tanah?  Bahkan, ruang kecil? Periksa insulasi secara teratur untuk memastikan kalau insulasinya tetap kering.  Ketika kelembapan merembes, bakalan mempengaruhi efektivitas insulasi.  Udara dingin keluar selama musim panas dan masuk selama musim dingin, membuatnya sulit untuk tetap hangat atau dingin (tergantung musim).

Baiklah, Anda sudah punya semua tipnya. 10 langkah mudah untuk menghemat biaya dan konsumsi energi. Dan ingat, ketika berbicara tentang pemanasan global – kita berada di pihak yang sama.  Jadi, luangkan waktu dan pastikan Anda juga pengguna energi yang efisien sesegera mungkin. Bagikan dengan teman Anda. Buatlah perbedaan.

Seperti yang pernah Gandhi ucapkan, “Apabila kita bisa mengubah diri kita sendiri, dunia pun akan cenderung berubah.  Manusia mengubah lingkungannya sendiri, karena itulah sikap dunia terhadap manusia pun akan berubah.  Kita tidak perlu menunggu apa yang orang lain lakukan.”

Diterjemahkan dari Bahasa Inggris, artikel asli di publikasikan tanggal di 28 Juli http://annie65j.blogspot.com/2013/07/cut-costs-and-energy-consumption-in-10.html

konsumsi energi, research council nrglab, research council, proyek nrglab, pemanasan global, NRGLab推出的SH-box, nrglab, nrglab pte ltd, nrglab singapore, nrglab сингапур ]

No comments:

Post a Comment