Follow me by Email

Wednesday, October 9, 2013

Protes Energi di Argentina Berubah Anarkis

Demonstrasi di Argentina semakin menjadi setelah YPF, perusahaan energi yang dikuasai negara, dan konglomerat minyak internasional Chevron menyepakati proyek pembangunan senilai 1,2 miliar dolar. Lebih dari 5.000 aktivitis anti-fracking turun ke jalan-jalan, memblokir sebuah pembangkit listrik milik YPF dan memaksa aparat keamanan menembakkan peluru karet ke arah kerumunan orang banyak.



Demonstrasi-demonstrasi itu merupakan manifestasi dari berbagai pendapat berbeda-beda tentang bagaimana sebaiknya Argentina membangun Vaca Meurta, salah satu tempat cadangan hidrokarbon nonkonvensional terbesar di dunia. Banyak warga negara menentang proyek penambangan yang disokong oleh modal swasta asing di masa lalu. Namun, perlawanan-perlawanan ini muncul “satu demi satu,” ungkap Carlos Villalonga, Presiden Los Verdes, salah satu organisasi lingkungkan. “Mulai dari demonstrasi menentang tenaga nuklir hingga waduk hidroelektrik. Dan karena kekurangan energi, pemerintah jadi putus asa.  Jadi bergerak cepat dengan konsensus minimum, sehingga meledakkan konflik. 

Presiden Christina Fernández de Kirchner telah gagal menguraikan rencana jangka panjang infrastruktur energi yang pasti, dan sebagai akibatnya, penduduk berusaha keras untuk mempercayai pemerintah.  Sekarang untuk membangun Vaca Muerta, Argentina memerlukan pemasukan 37 miliar dolar dalam lima tahun ke depan, dan yang menjadi pertanyaan adalah: apakah warga negara yang tidak senang tersebut akan membayar tunai? Atau apakah pemerintah dipaksa untuk mencari modal swasta asing?

Provinsi-provinsi di Argentina, bukan negara, mempunyai hak atas cadangan minyak dan gas di tanah mereka. Para politisi harus meloloskan undang-undang yang memungkinkan YPF mengeksploasi Vaca Muerta. Perjanjian Chevron yang berisi 115 kegiatan operasional fracking – tidak meminta persetujuan provinsi.

Fracking adalah metode baru yang kontrovesial untuk mengekstraksi gas dari batuan serpih.  Para pecinta lingkungan siap melawan potensi efek jangka panjang akibat memompa ribuan galon bahan-bahan kimia yang tidak dikenal ke permukaan tanah. Villalonga dan bahkan beberapa pendukung Presiden Kirchner telah mengritik „kesadaran lingkungan“ sang Presiden yang dianggap kurang.

Para pemerintah (negara-negara Amerika Latin) yang dianggap progresif telah mengambil peranan pasif sebagai pengekspor (sumber daya) alam,” seru Enrique Viale, seorang pengacara terkemuka Argentina spesialis bidang hukum lingkungan. “Kita telah pergi dari Konsensus Washington ke konsensus komoditas.”

Perekonomian Argentina telah berkembang pada tingkat rata-rata tahunan sebesar 7,2% selama dekade terakhir. Sekarang, bagaimana pemerintah dapat memenuhi permintaan energi dari rakyatnya yang terus meningkat?

Bergantung pada sebuah sumber energi tidak dapat menimbulkan efek yang diinginkan, namun baru bisa kalau ada keseimbangan antara energi terbarukan dan ide-ide yang berbeda. Oleh karena itulah NRGLab telah mengumpulkan tim ahli yang tepat dari berbagai latar belakang seperti lingkungan, ekonomi, politik, dan energi. Kami mempunyai tujuan yang sama: memastikan masa depan yang ramah lingkungan bagi seluruh umat manusia.

Kami telah menginvestasikan jutaan dolar selama bertahun-tahun untuk mengembangkan proyek energi inovatif. Dimulai dari gasifikasi biofuel seperti limbah padi dan pertanian hingga generator listrik portabel yang dayanya dari inti polikristal, kami menawarkan serangkaian solusi untuk berbagai masalah yang terjadi saat ini.

Untuk informasi selengkapnya mengenai SV-Turbine, SH-box, dan sejumlah proyek energi NRGLab laginnya, silakan lihat situs web kami di nrblab.asia
Bergabunglah bersama kami untuk memastikan masa depan yang ramah lingkungan. Anak cucu Anda akan berterima kasih kepada Anda.

Diterjemahkan dari Bahasa Inggris, artikel asli di publikasikan tanggal di 29 September: http://annie65j.blogspot.com/2013/09/energy-protests-in-argentina-grow.html
[ Demonstrasi di Argentina, Protes energi, energy protests Argentina, YPF Argentina, Argentina protests, YPF, YPF power plant, power plant, Carlos Villalonga, sh-box, Sh-box generator, annie j, nrglab ]

No comments:

Post a Comment