Thursday, April 18, 2013

Tujuan Saya untuk Proyek NRGLab


Saya datang ke Singapura atas undangan dari NRGLab Pte Ltd. Kerja sama saya dengan tim mereka terjalin sebelum saya kedatangan saya dalam waktu yang relatif singkat. Saya berhubungan dengan Ana Shell dan Zeev Drori dari Israel melalui Skype selama dua bulan untuk membicarakan tentang partisipasi saya dalam kegiatan-kegiatan perusahaan. Saya berkomunikasi dengan semua anggota perusahaan berkaitan dengan kemajuan proyek energi mereka. Bagi saya, proyek ini sangat logis; sekarang justru saya semakin berpikir positif. Saya tidak menanyakan tentang gaji maupun jabatan saya dalam perusahaan ini. Kami menyepakati bahwa saya terlibat dalam Dewan Riset sebagai seorang relawan.


Saat ini, di Singapura, saya membantu membentuk Dewan yang terdiri dari para ilmuwan dari berbagai perusahaan di seluruh dunia ini. Kontak saya terus berkembang pesat setiap minggunya karena aplikasi-aplikasi dari berbagai perwakilan perusahaan energi di Indonesia, Malaysia, Polandia, India, dll. Para pengusaha, tokoh politik, dan ‘orang gila’ mengirimi saya pesan. Target saya untuk musim semi ini adalah membentuk kelompok kerja (Pokja) dalam Dewan Riset sehingga pada pertemuan pertama di bulan Oktober nanti, kami akan mampu menentukan Strategi pabrikasi pembangkit listrik baru dan strukturnya. Pengembangan strategi bisnis baru ini sangat penting, mengingat perusahaan memutuskan untuk mengembangkan lini produknya bulan lalu. Perusahaan akan mengembangkan SH-box berkapasitas 5 dan 8 kW/h untuk pangsa pasar pribadi.

Saya menyarankan sebuah strategi sederhana dan nyata pada manajemen perusahaan, yang memungkinkan setiap pebisnis kebanyakan dari setiap negara dapat ikut serta dalam proyek ini. Untuk mencegah pemain global mencuri teknologi ini, lebih banyak hak cipta yang harus dijual kepada tangan-tangan swasta. Kita harus memberikan kesempatan pada setiap orang yang ingin menginvestasikan seribu dolar sekalipun. Toh Anda dapat membeli 20% SH-box berdaya 5 kW/h dengan uang seribu dolar. Lima orang bertetangga dapat bergabung dan membeli generator berdaya 1 kW/h untuk setiap keluarga. Dalam hal ini, setiap keluarga di Asia dapat menghemat hingga 15 sen per kW-dalam setahun. Angka ini berarti lebih dari seribu dolar dalam setahun! Logikanya jelas bagi semua orang – seseorang dengan sebuah SH-box dapat menerima energi senilai $1.500 per tahun dan menghemat $1.300 setiap tahunnya. Pendapat saya pun seharusnya sangat jelas, bahwa kita perlu memberi kesempatan pada setiap orang untuk menggunakan teknologi ini. Dan saya mempunyai argumentasi meyakinkan agar perusahaan membuka pasar energi murah bagi siapa pun, karena ini sangat manusiawi dan  berkeadilan sosial. Bila Anda pun sependapat dengan ide saya, silakan kirim surat-e kepada saya: annie65j@gmail.com.

Diterjemahkan dari Bahasa Inggris. Artikel asli diterbitkan pada 25 Maret 2013 di http://annie65j.blogspot.sg/2013/03/my-goal-for-project-with-nrglab.html

[ listrik murah, proyek nrglab, listrik indonesia, sh-box, research council nrglab, nrglab, nrglab singapore, nrglab сингапур, energy project ]

No comments:

Post a Comment