Follow me by Email

Wednesday, March 27, 2013

NRGLab & Listrik Murah



Media saat ini mengulas berbagai alasan tentang hilangnya daya laba investasi-investasi sekarang sedangkan investasi lama berkurang nilainya.  Beragam argumen yang diberikan dan kadang kala sulit untuk dimengerti karena krisis ekonomi dunia juga berdampak pada industri-industri terkemuka di bidang mikroelektronik, teknologi komputer dan peralatan radio/telekomunikasi. Orang-orang yang telah berinvestasi dengan penuh keyakinan pada perusahaan-perusahaan yang 'terlalu besar untuk jatuh' ini telah kehilangan uang dalam jumlah yang sangat besar dan masih terus berjuang menutup kerugian hingga kini atas kejadian yang tidak pernah mereka bayangkan akan terjadi. 



Misalnya ibu rumah tangga di Singapura akan mengakatan pada Anda bahwa dari segi teknologi iPhone adalah yang terbaik, jadi tidak ada alasan untuk berinvestasi di industri komunikasi dan layanan komputer  yang kompetitif. Skenario terbaik adalah seorang investor akan melihat keuntungan dari uang yang ditanamkannya.  Kembali modal adalah sebuah kemenangan! Hal yang sama berlaku untuk produk apa pun di pasaran yang telah mencapai puncak pertumbuhannya. Sukses besar dan cepat dari industri-industri tertentu menciptakan kekosongan investasi di pasaran.  Sehingga mencari sebuah proyek investasi jangka panjang 20-30 tahun sangat sulit ditemukan, mengingat begitu besarnya fluktuasi pasar dan gelombang konflik global dapat terjadi dengan sangat cepat.  Jadinya dengan semua "kiamat dan kesuraman" ini, ke mana sebaiknya seseorang menginvestasikan uangnya?

Tentu saja, bukan perkara mudah untuk memilih sebuah jawaban. Tidak ada satu produk pun di pasaran saat ini yang menawarkan pertumbuhan keuntungan yang diharapkan untuk jangka waktu 20-30 tahun. Mungkin ada beberapa produk yang sedang disiapkan, tapi semua itu cenderung tersimpan saja di laboratorium.  Para ilmuwan berhati-hati terhadap ulah pesaing mereka untuk mencuri riset yang mereka lakukan.  Inovasi tidak hanya rentan, tapi juga berharga; bayangkan jika Anda mulai terlebih dahulu dan berada di pasaran breaking invention berikutnya. iPhone generasi berikutnya. Jenis yang ditanamkan di otak Anda atau semacam itu. Siapa yang tak tergiur untuk ikut serta? Para ilmuwan juga waspada terhadap kehilangan kendali atas produk dan hak paten mereka.  Ketika pebisnis besar sudah ikut campur, penemu pada tingkat bawah pun cenderung diinjak dan diabaikan.  Sangat mudah untuk tersesat di perusahaan yang mempunyai ribuan karyawan. 

Ada banyak negara-negara moderen yang ditopang oleh industri-industri raksasa dan perusahaan-perusahaan keuangan. Negara-negara ini muncul menjadi yang terdepan dalam mengembangkan terobosan teknologi baru. Namun, ketika harus bersaing untuk mendapatkan pendanaan dari 50 perusahaan papan atas dunia, orang-orang dari negara-negara ini akan dengan mudahnya menyerahkan kendali riset mereka begitu saja, terkadang hanya karena kurang atau tidak paham sama sekali dengan kegiatan bisnis atau bagaimana perekenomian bekerja. Alih-alih menunggu saat yang tepat, mereka mengambil saja apa yang bisa didapatkan sekarang dan meraup keuntungan dari sesuatu yang besar berikutnya.

Tak dapat diragukan lagi jika industri baru hanya dapat diciptakan dengan orang-orang baru yang mempunyai pengetahuan luas, tapi "korporasi" biasanya mencurigai dan merusak sesuatu yang baru.  Orang-orang "lama" menginginkan pertumbuhan stabil dari investasi mereka, sementara orang-orang "baru" dapat mendevaluasi saham saat ini.  Dalam merebut investasi ini, kemajuan sejati dapat terhambat selama bertahun-tahun. 

Biar bagaimana pun, orang-orang "baru" akan menunjukkan mengapa memiliki mereka merupakan ide yang baik. Sebagai contoh, bensin dan listrik akan 3-5 kali lebih murah. Dengan harga energi yang begitu murah, orang-orang "lama" dalam pasaran energi utama akan berisiko kehilangan investasi  mereka.  Keputusan paling aman bagi mereka adalah bermitra dengan orang-orang "baru" supaya mereka dapat melihat  pengembalian kerugian yang tak dapat mereka hindari. Berinvestasi dalam listrik seharga $ 0,03 per kilowatt/jam saat ini mungkin terlihat seperti sebuah khayalan belaka, tapi proyek seperti ini akan segera muncul di pasaran dan akan terbukti sebagai investasi yang aman dalam jangka waktu 20-30 tahun  mendatang. 

Sebagai kelanjutan dari inisiatif energi hemat biaya, wilayah layanan dan zona bebas pajak emisi dapat dibangun di masa depan. Coba bayangkan, sebuah kapal yang mempunyai generator berkekuatan 800 MW berlayar menjual energi murah seharga 3 sen/kilowatt. Armada kapal di wilayah itu tidak akan lagi membeli bahan bakar hidrokarbon yang mahal dan para pekerja pun dapat hidup di atas kapal karena lebih murah. Secara teori, mimpi ini bisa menjadi kenyataan lebih cepat dari yang Anda perkirakan. Cara baru untuk menghasilkan energi akan segera menggantikan cara lama - DI SETIAP INDUSTRI!  

Mari kita bicarakan metodenya. Ini merupakan proyek yang sedang kita diskusikan, yaitu teknologi kristal dari NRGLab  NRG memberitahukan pemerintah Singapura tentang terobosan inovatif mereka akhir-akhir ini dan secara berulang, namun sayangnya belum ada satu pun pejabat pemerintah yang tertarik dengan proyek ini.  

NRG terus berdialog dengan berbagai pihak dan perusahaan di Singapura yang MELIHAT potensi teknologi ini. Mereka memahami bahwa mengganti teknologi lama berarti harus juga mengubah kebiasaan lama dan hal ini selain melibatkan perencanaan strategis juga memakan waktu.  Dalam waktu dekat, banjir investasi di sektor energi akan menjadi dasar pertumbuhan ekonomi bagi perekonomian Singapura.  

Catatan bagi pembaca: Perusahaan-perusahaan di Singapura mendapat keuntungan dengan beralih ke teknologi baru sejak mereka menghindari beban akumulasi modal berlebih dalam teknologi lama.  Saat menciptakan teknologi baru, perusahaan-perusahaan Singapura dapat memanfaatkan pengalaman mereka di pasar untuk mengoptimalkan jaringan baru.  

NRGLab berkembang dengan pesat dan giat mencari investor. Dengan infrastruktur baru untuk menerapkan jenis energi baru, NRG akan membuka jalan baru bagi terobosan berikutnya di Singapura dan di seluruh Asia Tenggara. 

Para pebisnis di Singapura memahami bahwa merosotnya harga-harga sumber daya energi dan bahan mentah akan mengarah pada pertumbuhan laba yang cepat dalam rantai teknologi lama. Hal ini akan menandai perombakan konsep energi secara besar-besaran dan sarana material hemat serta merupakan awal dari sesuatu yang lebih besar. Pada saat bersamaan akan ada pelepasan modal dari rantai teknologi lama ketika batas pertumbuhannya sudah tercapai. Ketika aliran modal terus masuk untuk membuat jenis energi hemat biaya dan berbeda jauh dari cara berpikir "lama" , neraca investasi NRGLab terus berkembang dan semakin berkembang. 

NRGLab akan memainkan peranan penting karena dunia berlomba untuk mengembangkan teknologi pembangkit listrik baru. NRG berencana untuk menerapkan hubungan yang kompleks antara keuangan dan industri pemodalan. Para agen keuangan akan bertanggung jawab untuk membuat keputusan moneter begitu proyek terlaksana. Saat dihadapkan dengan pendapatan laba lambat, para pemodal bijak dapat berkonsultasi dengan para agen keuangan mengenai tempat investasi baru mereka. Saat ini NRG bekerja untuk meningkatkan hasil produksi kristal, juga membuat ulang teknologi di negara lain guna mempercepat dimulainya era baru globalisasi energi.

Saya mempunyai segudang alasan untuk mempercayai bahwa dalam proses pergantian teknologi pembangkit listrik lama akan menghasilkan surplus modal cukup besar yang akan bisa diinvestasikan di tempat lain.  Pada saat yang bersamaan, sekuritas NRGLab akan dicari oleh banyak investor.  Terlepas dari kenyataan bahwa krisis keuangan telah memperburuk iklim investasi, hal ini membuat orang memilih untuk berinvestasi pada aset yang nyata seperti emas, perumahan dan minyak.  Selanjutnya, karena pertumbuhan teknologi baru dan energi yang lebih murah, pemulihan depresi ekonomi pun ikut berjalan.  Dan orang-orang pun masih mempunyai aset nyata mereka. 

Sebuah era teknologi baru akan segera menggantikan teknologi lama yang telah mencapai potensi pertumbuhannya. Saatnya kita berpindah. Masa transisi ini menciptakan tekanan keuangan dan struktural dalam perekonomian penting yang disertai dengan naik turunnya harga produk-produk energi dan bahan mentah lainnya. Menyelamatkan sistem perbankan atau menyadarkan pasar keuangan saja tidak cukup untuk merangkak keluar dari lubang krisis. Hanya jika tindakan-tindakan tersebut ada hubungannya dengan program-program yang ditujukan untuk merangsang perkembangan teknologi baru, maka kita akan melihat pertumbuhan ekonomi sekali lagi.  Gelombang ini akan membanjiri lubang-lubang keuangan kita dan membawa kita keluar dari keterpurukan ini.  Dan mungkin, hanya mungkin, kita akan kembali kepada stabilitas global.

Diterjemahkan dari Bahasa Inggris. Artikel asli diterbitkan pada 8 Februari 2013 di http://nrglabjohnwish.wordpress.com/2013/02/08/the-financial-hole-and-how-we-can-get-out/

[nrglab, nrglab pte ltd, nrglab singapore, nrglab сингапур, ana shell, anastasia samoylova, anastasia samoylova nrglab, sh-box, environment, pollution, energy project, research council, research council nrglab, nrglabs, listrik murah, listrik indonesia]
 

1 comment: